• 0921 - 3129034
  • info@bpbj.malutprov.go.id
Misbakhun minta Jokowi keluarkan PP untuk penguatan Bappenas
Misbakhun minta Jokowi keluarkan PP untuk penguatan Bappenas

Angota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbakhun

Merdeka.com, Angota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbakhun mendukung pemerintah untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang perencanaan dan penganggaran pembangunan nasional yang memberikan kewenangan kepada Kementerian PPN/Bappenas untuk memastikan program prioritas nasional dapat dilaksanakan dan dianggarkan dalam APBN.

Menurutnya, Bappenas adalah pusat pembangunan dan merupakan hulunya fungsi koordinasi.

Oleh karena itu saya mendorong Presiden Jokowi membuat Peraturan Pemerintah (PP) untuk penguatan Bappenas. Kementerian Keuangan sebagai keuangan negara jangan sampai mengubah perencanaan pembangunan. Harus kita kuatkan Bappenas, kata Misbakhun, Jakarta, Rabu (14/9).

Politikus Golkar ini melanjutkan, dirinya juga menyampaikan pesan pada rapat kerja Komisi XI DPR dan Kementerian PPN/Bappenas di Gedung Parlemen Senayan, Selasa (13/9) kemarin.

Misbakhun mengingatkan bahwa penguatan peran dan fungsi Bappenas ini sudah menjadi program prioritas Presiden Jokowi sejak Menteri Bappenas Sofyan Djalil.

Tetapi sampai sekarang belum terlaksana karena terhambat belum terbitnya Peraturan Pemerintah sebagai panduannya, ucapnya.

Politisi Golkar itu menegaskan peran Bappenas itu mengendalikan pelaksanaan kualitas pembangunan nasional secara optimal. Bahwa semua perencanaan pembangunan nasional itu adanya di Bappenas.

Terkait anggaran yang diajukan Bappenas pada tahun anggaran 2017, Misbakhun menanyakan mengenai hambatan-hambatan pembangunan temuan Bappenas. Dia juga menanyakan dengan tugas Bappenas yang banyak, anggaran Rp 1,3 triliun yang dirasa tidak cukup.

Apakah cukup dengan dana yang segitu mengoordinasikan hal tersebut. Terlalu kecil untuk itu. Saya termasuk yang tidak menerima anggaran Bappenas yang kecil. Saya bukan memuji Pak Harto berlebihan, tetapi kenyataannya dulu sangat disiplin dan baik, jelasnya.

Untuk mewujudkan pembangunan yang kredibel sebagaimana jaman Pak Soeharto, Bappenas harus diperkuat salah satunya melalui penambahan anggaran. Kemenkeu sebagai keuangan negara jangan sampai mengubah perencanaan pembangunan.

Harus kita kuatkan Bappenas. Untuk itu harus segera diterbitkan PP supaya penguatan tersebut berjalan, tandasnya.

©BPBJMalutProv
  • ADM
  • Selasa, 01 November 2016 - 10:53:56
  • 30 kali
Berita Lainnya