Pastikan Penyelesaian Pekerjaan, Tim BPBJ Malut Lakukan Monev di Kota Ternate
Admin | 15 Oktober 2025 | Dibaca 67 kali |

Foto Tim BPBJ Malut Saat Melakukan Monev Pelaksanaan PBJ di Wilayah Kota Ternate


BPBJ NEWS – Tim Biro Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Maluku Utara (BPBJ Malut) melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap pelaksanaan pengadaan barang/jasa Pemerintah Provinsi Maluku Utara di wilayah Kota Ternate.

 

Tim Monev ini terdiri dari empat orang dengan Ketua Tim: Lutfi Achmad, SE -  Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Muda, Sekretaris Tim: Andi Ali, ST., M.Si - Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Muda, Anggota Tim: Mahyudin H. Fabanyo, S.Sos - Penelaah Teknis Kebijakan, dan Mochammad Isbandi, S .Sos - Penata Layanan Operasional.

 

Tim BPBJ Malut melakukan monev terhadap sejumlah paket pekerjaan pembangunan yang tersebar di wilayah Kota Ternate.

 

Pelaksanaan Monev tersebut merupakan bagian dari langkah strategis Pemerintah Provinsi Maluku Utara dalam memastikan seluruh kegiatan pembangunan berjalan sesuai dengan ketentuan kontrak, baik dari segi progres pekerjaan fisik, kualitas pekerjaan, maupun penggunaan anggaran.

 

Beberapa lokasi yang menjadi objek kegiatan monev antara lain: Rehabilitasi Ruang Praktik Siswa (RPS) Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Kota Ternate, Rehabilitasi Gedung Aula SMK Negeri 2 Kota Ternate, Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) di SMAN 10 Kota Ternate, Belanja Pemeliharaan Bangunan Gedung Tempat Tinggal Panti Asuhan, dan Pembangunan Drainase Pemukiman di Kelurahan Salero, Kota Ternate.

 

Dari hasil monitoring sementara, diketahui bahwa capaian progres fisik pada beberapa paket pekerjaan berada pada pencapaian sekitar kisaran 20% hingga 85%, tergantung pada jenis dan skala pekerjaan yang dilaksanakan. Beberapa proyek mengalami kendala cuaca yang tidak menentu, sehingga mempengaruhi kecepatan penyelesaian di lapangan.

 

Ketua Tim Monev Lutfi Achmad, SE menjelaskan bahwa kegiatan monev ini bertujuan untuk memastikan seluruh paket pekerjaan dilaksanakan sesuai spesifikasi teknis dan waktu yang telah ditetapkan.



 

“Kegiatan monitoring dan evaluasi ini kami lakukan untuk memastikan progres pekerjaan tetap berjalan sesuai rencana, sekaligus memberikan masukan dan rekomendasi bagi penyedia agar hasil pembangunan memiliki kualitas yang baik dan dapat dimanfaatkan masyarakat secara optimal,” ujar Pokja Pemilihan BPBJ Malut ini.

 

Terpisah, Kepala Biro PBJ Malut, Ir. Hairil Hi. Hukum, ST., MT mengatakana bahwa Biro PBJ akan terus melakukan pemantauan berkelanjutan terhadap seluruh paket pekerjaan di wilayah Maluku Utara guna menjamin akuntabilitas, transparansi, dan efektivitas penggunaan anggaran daerah.

 

”Kegiatan Monev ini sekaligus menjadi wujud komitmen Pemerintah Provinsi Maluku Utara dalam mendorong percepatan pelaksanaan pembangunan dan peningkatan tata kelola pengadaan barang/jasa yang lebih profesional dan berintegritas,” pungkas mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pulau Morotai.

 

BAGIKAN :



Berikan Komentar

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin