
BPBJ NEWS – Tim Biro
Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Maluku Utara (BPBJ Malut)
melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap pelaksanaan
pengadaan barang/jasa Pemerintah Provinsi Maluku Utara di wilayah Kota Ternate.
Tim Monev ini terdiri dari empat orang dengan Ketua Tim: Lutfi Achmad, SE
- Fungsional Pengelola Pengadaan
Barang/Jasa Ahli Muda, Sekretaris Tim: Andi Ali, ST., M.Si - Fungsional
Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Muda, Anggota Tim: Mahyudin H. Fabanyo,
S.Sos - Penelaah Teknis Kebijakan, dan Mochammad Isbandi, S .Sos - Penata
Layanan Operasional.
Tim BPBJ Malut melakukan monev terhadap sejumlah paket pekerjaan
pembangunan yang tersebar di wilayah Kota Ternate.
Pelaksanaan Monev
tersebut merupakan bagian dari langkah strategis Pemerintah Provinsi Maluku
Utara dalam memastikan seluruh kegiatan pembangunan berjalan sesuai dengan
ketentuan kontrak, baik dari segi progres pekerjaan fisik, kualitas pekerjaan,
maupun penggunaan anggaran.
Beberapa lokasi yang
menjadi objek kegiatan monev antara lain: Rehabilitasi Ruang Praktik Siswa
(RPS) Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Kota Ternate, Rehabilitasi Gedung
Aula SMK Negeri 2 Kota Ternate, Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) di SMAN 10
Kota Ternate, Belanja Pemeliharaan Bangunan Gedung Tempat Tinggal Panti Asuhan,
dan Pembangunan Drainase Pemukiman di Kelurahan Salero, Kota Ternate.
Dari hasil monitoring
sementara, diketahui bahwa capaian progres fisik pada beberapa paket pekerjaan
berada pada pencapaian sekitar kisaran 20% hingga 85%, tergantung pada jenis
dan skala pekerjaan yang dilaksanakan. Beberapa proyek mengalami kendala cuaca
yang tidak menentu, sehingga mempengaruhi kecepatan penyelesaian di lapangan.
Ketua Tim Monev Lutfi
Achmad, SE menjelaskan bahwa kegiatan monev ini bertujuan untuk memastikan
seluruh paket pekerjaan dilaksanakan sesuai spesifikasi teknis dan waktu yang
telah ditetapkan.
“Kegiatan monitoring dan
evaluasi ini kami lakukan untuk memastikan progres pekerjaan tetap berjalan
sesuai rencana, sekaligus memberikan masukan dan rekomendasi bagi penyedia agar
hasil pembangunan memiliki kualitas yang baik dan dapat dimanfaatkan masyarakat
secara optimal,” ujar Pokja Pemilihan BPBJ Malut ini.
Terpisah, Kepala Biro PBJ Malut, Ir. Hairil Hi. Hukum, ST., MT
mengatakana bahwa Biro PBJ akan terus melakukan pemantauan berkelanjutan
terhadap seluruh paket pekerjaan di wilayah Maluku Utara guna menjamin
akuntabilitas, transparansi, dan efektivitas penggunaan anggaran daerah.
”Kegiatan Monev ini sekaligus menjadi wujud komitmen Pemerintah
Provinsi Maluku Utara dalam mendorong percepatan pelaksanaan pembangunan dan
peningkatan tata kelola pengadaan barang/jasa yang lebih profesional dan
berintegritas,” pungkas mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pulau
Morotai.