
BPBJ NEWS – Tim Biro Pengadaan Barang/Jasa
Setda Provinsi Maluku Utara (BPBJ Malut) melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi
(monev) pelaksanaan pekerjaan infrastruktur. Kegiatan ini merupakan bagian penting dari pelaksanaan
kegiatan pembangunan guna memastikan pekerjaan berjalan sesuai kontrak, tepat
mutu, tepat waktu serta bermanfaat bagi masyarakat.
Pelaksanaan paket pekerjaan adalah
dua proses saling terkait yang bertujuan untuk mengamati kemajuan progress
pekerjaan, menilai kinerja dan memastikan tujuan proyek tercapai secara efektif
dan efisien. Monitoring adalah proses sistematis untuk mengumpulkan data selama
proyek berjalan, sedangkan evaluasi merupakan pencapaian menilai kinerja dan
dampak proyek serta memberikan wawasan untuk perbaikan berkelanjutan.
Pelaksanaan monev ini
juga bertujuan memastikan tercapainya paket pekerjaan berjalan sesuai rencana, waktu
serta anggaran yang sudah ditetapkan. Mengidentifikasi masalah secara dini, mendeteksi
dan menangani masalah atau penyimpangan yang muncul selama pelaksanaan,
memberikan umpan balik, menyediakan informasi dan wawasan untuk perbaikan dan
penyesuaian pekerjaan.
BPBJ Maluku Utara melaksanakan
kegiatan monitoring dan evaluasi pada wilayah Kota Ternate dengan menerjunkan Tim yang terdiri dari: Arafat
Talaba, SE Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Muda sebagai Ketua
Tim, Yusman Dumade, S.KM Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Muda
sebagai Sekertaris Tim dan anggotanya Yakub Umafagur, SE Penelaah Teknis
Kebijakan, Faija Muhammad Djen Hamdja, S.AK Pengelola Pengadaan Barang/Jasa
Ahli Pertama, dan Farida Taher Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Pertama.
Paket pekerjaan yang dilakukan monev oleh Tim
Monev II Kota Ternate, yaitu Pertama, Penataan Kawasan Kolam Renang mulai dari perbaikan
Infrastruktur fisik bangunan dan fasilitas pendukung hingga memastikan
kebersihan air (lokasi Lanal Ternate). Paket pekerjaan kedua, Pembangunan Mako
Satuan Brimob Pulau Ternate (Ternate Kota) dan Pembangunan Masjid Al-Fatah di
Kelurahan Soa Kota Ternate.
Dari hasil monev, ketiga paket
pekerjaan tersebut rata-rata masih dalam fase pelaksanaan pekerjaan.
Ketua Tim Monev II Kota
Ternate Arafat Talaba, SE menyampaikan bahwa monev merupakan bagian dari upaya
Biro PBJ dalam memastikan paket pekerjaan berjalan sesuai rencana, waktu, anggaran
dan spesifikasi.
”Tim melakukan monev ke lokasi
pekerjaan untuk memastikan perkembangan pekerjaan agar sesuai dengan waktu
penyelesaian pekerjaan dan juga memastikan apakah ada kendala yang dihadapi selama
pelaksanaan pekerjaan,” ungkap Pokja Pemilihan BPBJ ini.
Yusman Dumade, S.KM selaku
Sekretaris Tim juga mengungkapkan bahwa butuh pengendalian kontrak dari PPK
untuk memastikan tuntasnya pekerjaan sesuai waktu di dalam kontrak.
”Kami menyarankan agar pelaksana
pekerjaan mempercepat tahapan pekerjaan agar sesuai dengan waktu penyelesaian
pekerjaan. Oleh karena itu sangat dibutuhkan peran Pejabat Pembuat Komitmen dalam
melakukan pengendalian kontrak,” ungkap Pokja Pemilihan BPBJ ini.